Bahan Makanan Cepat Busuk Ini Solusi Mudahnya Untuk Membuatnya Lebih Awet!

Bahan Makanan dan Sayuran Cepat Busuk? Ini Solusi Mudahnya Untuk Membuatnya Lebih Awet!

Kesibukan terkadang memaksa seseorang untuk menyediakan waktu luang dengan menyimpan bahan makanan dan sayuran di dalam lemari es. Namun, tidak jarang sebagian dari mereka lupa bahwa penyimpanan di lemari es juga berisiko pada berkurangnya kesegaran dari bahan makanan dan sayuran yang dibelinya tersebut. Bahkan, sebagian lagi justru membusuk karena sudah terlalu lama berada di lemari es. Pernahkah Anda mengalami hal demikian?

 

Bukan hal yang baru ketika bahan makanan dan sayuran yang telah disimpan dalam lemari es kemudian berkurang kesegarannya atau jadi busuk termakan waktu. Padahal, penyimpanan baru berlangsung selama satu minggu. Nah, trik untuk mengatasi permasalahan ini dirasa sangat perlu untuk menjamin kualitas dan kesegaran bahan makanan dan sayuran di rumah anda, sekaligus membuat Anda lebih hemat tanpa harus membuang-buang bahan makanan maupun sayuran yang sudah terbeli.

 

Dilansir dari video Instagram @soyummy, beberapa trik berikut ini bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesegaran bahan makanan Anda di dalam lemari es. Simak yuk!

 

Menyimpan Daging

Hal yang paling sering dialami oleh ibu-ibu di rumah adalah daging yang tersimpan dalam freezer justru sangat beku ketika akan digunakan. Nah, sebenarnya proses pembekuan daging atau penyimpanan daging di dalam freezer memang disarankan untuk menjaga kualitas daging yang segar.

 

Untuk mengatasi bekunya, Anda bisa menggunakan plastik pembungkus sandwich yang sudah banyak dijual dipasaran. Bungkus daging menggunakan plastik tersebut, kemudian sisakan pada bagian ujung untuk membuat vacum tersendiri. Boleh menggunakan air hangat, dan tutup dengan ketat untuk menjaga daging tetap segar dalam lemari es.

 

Menyimpan Buah Strawberry

Beberapa jenis buah dengan kandungan asam seperti buah strawberry, cerry, atau jenis berry lainnya bisa cepat busuk bila sudah diletakkan di dalam lemari es. Coba rendam terlebih dulu buah tersebut dalam larutan cuka apel dan air selama beberapa saat (tiga menit), kemudian tiriskan hingga kering dan simpanĀ  di dalam lemari es. Kemungkinan kesegaran buah berry ini setelah di rendam larutan cuka apel akan lebih lama mencapai satu minggu.

 

Menyimpan Roti Tawar

Roti tawar yang disimpan dalam kulkas justru beku dan tidak jarang muncul jamur didalamnya? Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan pengawet alami untuk membantu menjaga kualitas roti tawar. Letakkan batang daun seledri ke dalam kemasan roti tawar dan simpan dalam kulkas. Trik ini bisa digunakan untuk mengawetkan roti tawar secara alami selama satu minggu lho!

 

Menyimpan Cabe

Cabe biasanya dibeli dalam jumlah banyak ketika harganya sedang turun. Nah, untuk mengawetkan cabe secara alami Anda bisa menggunakan bawang putih. Biarkan cabe tanpa dicuci, atau bila terlalu kotor silahkan cuci terlebih dulu kemudian tiriskan hingga benar-benar kering. Setelah kering, pungkas batang cabe dan taruh dalam toples. Letakkan satu atau dua siung bawang putih yang telah dikupas sebelumnya diatas cabe tersebut kemudian tutup rapat dan simpan dalam kulkas.

 

Menyimpan Sayuran

Sayuran yang sehat memang sebaiknya dikonsumsi satu hingga tiga hari sejak pembelian. Namun, bila Anda tidak sempat mengolahnya Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk menyimpan sayuran basah seperti kol, kubis, bayam, kangkung, dan sebagainya hingga lima hari penyimpanan dalam lemari es. Simpan sayuran tersebut dalam plastik tebal dan segera letakkan dalam lorong khusus sayuran di lemari es. Sebaiknya simpan sayuran langsung tanpa dicuci terlebih dulu.

 

Demikian artikel informatif tentang cara menjaga agar bahan makanan dan sayuran yang disimpan di lemari es lebih lama awetnya dan tetap segar saat akan digunakan. Selamat mencoba!