Operasi Pemeriksaan Polisi

Gelar Operasi Patuh Tahun 2018, Masyarakat Disarankan Untuk Lakukan Ini Agar Tidak Ketilang!

Setiap tahunnya polisi di seluruh penjuru tanah air melakukan Operasi Patuh atau yang dikenal dengan razia kendaraan bermotor. Operasi Patuh tahun 2018 pun rupanya masih dianggap hal yang menakutkan bagi banyak pengemudi. Padahal, tujuan pelaksanaan razia tersebut ialah untuk kebaikan bersama. Meski sudah sering dilakukan setiap tahunnya faktanya di lapangan masih banyak pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

 

Saran Ditlantas Polda Lampung Saat Gelar Operasi Patuh Tahun 2018

Peraturan tetaplah peraturan yang harus ditaati oleh pengguna jalan termasuk para pengemudi. Raza kendaraan serempak dan skala besar tersebut sebenarnya sudah dilakukan dari beberapa hari lalu atau tepatnya pada hari Kamis (26/4). Selama 14 hari berturut-turut, Polisi akan menggelar razia kendaraan bermotor. Dengan demikian Operasi Patuh Tahun 2018 ini akan berakhir pada Rabu (9/5) mendatang. Karena itu, sebagian pengemudi yang melewati titik tertentu harus bersiap-siap melengkapi kelengkapan berkendara.

 

Dikutip dari laman Liputa6 (30/4), Brigjen Pol Purwadi Arianto yang merupakan Wakil Kepala Polda Metro Jaya menyebutkan pihaknya siap melakukan razia kendaraan bertajuk Operasi Patuh Jaya yang agendanya dilakukan selama 14 hari terhitung dari tanggal 26 April 2018 lalu hingga 5 Mei 2018 mendatang. Setidaknya ada 2380 personil gabungan TNI dan Dinas Perhubungan atau Dishub yang dikerahkan dalam pelaksanaan agenda rutin Operasi Patuh Tahun 2018 ini.

 

Dengan adanya Operasi Patuh Tahun 2018 Purwadi pun mempunyai harapan tersendiri. Ia berharap dari razia tersebut ada penurunan angka pelanggaran dari 2 tahun sebelumnya yaitu tahun 2016 dan 2017. Dalam datanya, ada 2000 kasus soal pelanggaran lalu lintas yang diungkap polisi. Karena itu, pada Operasi Patuh Tahun 2018 ini, Ditlantas Polda Lampung memberikan saran lewat akun Instagram Polantas Indonesia. Berikut adalah saran yang dimaksud.

 

  • Berpenampilan kece
  • Mempersiapkan kelengkapan kendaraan termasuk surat penting misalnya SIM dan STNK
  • Memastikan dahulu kelengkapan di dalam berkendara
  • Patuh terhadap batas kecepatan yang ditentukan
  • Jangan melakukan pelanggaran batas marka
  • Jangan menggunakan gadget apaun saat sedang berkendara
  • Jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman
  • Mematuhi aturan rambu-rambu lalu lintas dengan benar
  • Jangan mengemudi dalam keadaan tidak sehat dan mabuk
  • Jangan sampai nekat melawan arus lalu lintas

Berbagai macam hal bisa saja terjadi saat pengemudi berada di jalan. Apalagi bila sebenarnya kita tidak memiliki surat izin mengemudi, maka hal tersebut akan lebih berbahaya. Karena itu, sudah sewajarnya razia menjadi hal yang akan dilakukan oleh polisi di tanah air. Para pengendara pun akhirnya harus menyadari bahwa tujuan digelarnya Operasi Patuh Tahun 2018 ini adalah untuk kepentingan bersama. Dengan kata lain, bila pelanggaran lalu lintas semakin berkurang maka bukan tidak mungkin angka kecelakaan akan ikut menurun.

 

Jadi, sebagai pengguna jalan dan pengemudi, masyarakat tidak perlu takut dengan adanya Operasi Patuh Tahun 2018 tersebut. Sebaliknya, hal utama yang perlu dilakukan adalah segera melengkapi kelengkapan berkendara. Misalnya saja SIM dan perlengkapan lainnya yaitu helm. Tak hanya itu, saat melihat razia ada baiknya pengemudi tidak berputar arah alias kabur.

 

Banyak pengemudi yang pada akhirnya memilih kabur saat ada razia kendaraan di jalan atau Operasi Patuh Tahun 2018. Alhasil, bukannya selamat beberapa pengemudi malah terkena imbasnya. Tak hanya di kota besar, di daerah-daerah pun banyak kejadian serupa. Hal tersebut membuktikan bahwa hingga saat ini masih banyak yang takut kena tilang karena melakukan pelanggaran dan memilih kabur.

Sumber : https://www.liputan6.com/otomotif/read/3491937/10-tips-biar-tidak-kena-tilang-di-operasi-patuh-2018